Senin, 17 September 2012

LAPORAN PERTANDINGAN NAPOLI VS PARMA 3-1

Pertandingan Parma kali ini memang sangat berat, mengingat seisi Stadion yang mencapai 30.000 orang meneriakkan yel-yel untuk mengintimidasi Parma dan mendukung Napoli. Gebrakan di menit-menit awal juga berhasil dilakukan dengan baik oleh Napoli.

Berikut Starting Line Up Kedua Kesebelasan:
NAPOLI

PARMA
 



Pandev mengejutkan tim tamu dengan penetrasi cepatnya dan harus dijatuhkan di area terlarang. Mirante diganjar kartu kuning dan Parma dihukum penalti. Cavani sang algojo tak menyia-nyiakannya. 1-0 untuk Napoli di menit ketiga.

Sepakan penalti Cavani yang tak mampu dimentahkan Mirante
Setelah itu Napoli dan Parma bergantian menyerang. Beberapa kali terjadi peluang lewat tendangan bebas dan tendangan ataupun sundulan ke gawang tidak menemui sasaran. Parolo, Galloppa, Valdes, Belfodil, Ninis dan Lucarelli mencatatkan usaha membobol gawang Napoli yang belum menemui sasaran.

Hingga keasyikan menyerang dengan perbandingan Shot on Goal unggul 7-5, Parma dikejutkan skenario serangan balik. Marek Hamsik yang lolos jebakan offside menyodorkan umpan ke Pandev dan disambut dengan Gol. Kegagalan mengendalikan "keliaran" Hamsik berbuah petaka di menit 39.

Pandev, hanya berhadapan one on one dengan Mirante
Parma pun mendapat peluang memperkecil kedudukan setelah skema penyerangan lewat sisi kiri. Kali ini Ninis memberi umpan sedikit melambung ke tengah dan disambut dengan sundulan yang menakjubkan dari Parolo. Bola pun melambung ke tiang jauh di sebelah kiri kiper Napoli.

Gol Sundulan Parolo cukup menghibur kebuntuan lini depan.
PARMA SEDANG TIDAK BERUNTUNG


Tak pelak dominan menyerang di babak pertama memberikan secercah keoptimisan di babak kedua. Sayang Donadoni telat menyadari bahwa para pasukan Parma tidak dapat melakukan penyelesaian dengan sempurna. Tendangan ke gawang yang tercatat hampir dua kali lipat milik Napoli (21 berbanding 12) menggambarkan betapa serangan Parma mendominasi laga. Namun eksekusi yang kurang tenang tidak bisa ditutupi. Parma sepertinya tidak beruntung dalam laga kali ini.

Sebaliknya, justru pemain pengganti Napoli, Lorenzo Insigne mampu memanfaatkan kelengahan bek Parma untuk lolos dan menceploskan bola ke gawang Mirante sehingga memperbesar kedudukan menjadi 3-1 untuk Napoli di menit 77.

Insigne melakukan selebrasi gol
KONSENTRASI SERING BUYAR

Bila ditilik lebih jauh, ketiga gol dari Napoli adalah hasil dari serangan yang dibangun dengan cepat, yang dapat merangsek lini belakang Parma. Pola tiga bek yang dimiliki Parma seringkali buyar konsentrasinya sehingga sangat beresiko. Terbukti dari perangkap offside yang gagal pada gol pertama dan kedua. Kemudian bagaimana kita melihat seorang Insigne bisa berlari bebas tanpa pengawalan. Hamsik dan Zuniga adalah dua orang yang berperan penting membuyarkan konsentrasi para pemain Parma, di samping Dzemaili, dan Pandev yang juga dominan.

PENYELESAIAN YANG KURANG TENANG

Roberto Donadoni sendiri pasca pertandingan, dalam konferensi persnya mengakui bahwa para pemain depan dan pencipta peluang gol masih kurang tenang dalam mengeksekusi tendangan di depan gawang. Operan-operan cantik yang disodorkan Pabon, Valdes, Ninis dan Galloppa kurang dimaksimalkan para eksekutor. Termasuk 5 kali shooting Pabon yang kesemuanya belum mengarah tepat ke gawang Napoli.
Berikut contoh penyelesaian yang kurang tenang dari Belfodil :(


BANJIR KARTU KUNING DI LAGA-LAGA AWAL

Musim ini sepertinya Parma sangat antiklimaks dalam urusan indisipliner dibanding musim lalu. Baru menggelar tiga laga awal, Parma telah dihadiahi 13 kartu kuning dalam 3 laga. Yang artinya 4-5 kartu kuning per laga. Mirante,Valdes, dan Lucarelli 2 kartu kuning, sedangkan Zaccardo, Paletta, Acquah, Biabiany, Galloppa, Rosi dan Gobbi 1 kartu kuning. Bila dilihat musim lalu Parma hanya peroleh 8 kartu kuning di tiga laga awal Serie A, maka musim ini terjadi peningkatan cukup signifikan. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi gelar fairplay yang pernah kita dapatkan musim lalu. Sekaligus mampu mengganggu keutuhan tim. Terlepas dari masalah kepemimpinan wasit, sepertinya Parma harus bermain lebih bersih untuk mempertahankan keutuhan tim utama di laga-laga selanjutnya.

SINOPSIS LAGA

Napoli vs Parma : 3-1 ( Cavani, pen. 3'; Pandev 39'; Insigne 77' - Parolo 44' )
Stadion San Paolo, 16 September 2012, 20.00 WIB
Shots (On Goal): 12(6) - 21(5) ; Corner: 1-6 ; Possession: 48%-52% ; Kartu Kuning: 1-4 ; Penyelamatan : 4-3 ; Pelanggaran: 17-20. Wasit: Gervasoni

Berikut Cuplikan Gol Pertandingannya:


Rapor Pemain berdasarkan Tuttomercatoweb.com:
Belfodil 6,5 ; Parolo 6; Galloppa 6; Pabon 6; Acquah 6; Ninis 5,5; Gobbi 5,5; Rosi 5,5; Paletta 5,5; Mirante 5,5; Valdes 5; Zaccardo 5; Lucarelli 5

Pekan depan Parma akan meladeni Fiorentina yang semakin solid. Pekan ini mereka berhasil menumbangkan Catania 2-0 di Firenze. Berharap semoga Parma telah dapat memperbaiki eksekusi di lini depan. Forza Parma!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar