Sabtu, 26 Mei 2012

KEBERADAAN SUPORTER PARMA



Pendukung Parma merupakan tipikal pendukung yang tenang dan menikmati permainan tim. Mereka jarang menyebabkan kerusuhan, meskipun ada kecenderungan akhir-akhir ini para pendukung Parma mulai terlihat lebih Spartan. Di wilayah Italia Utara, Klub Parma termasuk tim yang memiliki fans dengan urutan kelima terbaik, di bawah Internazionale, Juventus, AC Milan dan Bologna. 


Pendukung Parma terbagi atas Tiga Kelompok Utama: l Centro di Coordinamento dei Parma Club (merepresentasikan sebagian besar fans Parma), Il'Associazione Petitot dan Boys Parma 1977 (Merupakan pecahan dari l Centro di Coordinamento dei Parma Club yang didirikan pada 3 Agustus 1977 oleh para tifosi muda Parma yang menghendaki dukungan total dan Spartan terutama terhadap supporter lawan. 


Boys Parma menempati wilayah Curva Nord di ujung utara stadion , berseberangan dengan supporter lawan yang menempati bagian selatan. Di tahun 2008 seorang supporter muda Boys Parma, Matteo Bagnaresi, meninggal saat sebuah mobil menabraknya menjelang pertandingan Parma dan Juventus, belakangan diketahui mobil tersebut membawa pelatih dan 25 fans Juventus, kejadian berlangsung di Turin, merupakan musibah yang mengguncang dunia sepakbola Italia. Alhasil nomor 12 pun diabadikan sebagai nomor punggung yang tak akan dipakai pemain Parma. Nomor 12 diberikan kepada para Fans Parma di Curva Nord dan seluruh dunia, yang dengan setia mendukung Parma. 

Mereka seringkali menyanyikan himne Parma di lapangan: Il grido di battaglia...atau teriakan peperangan



Fans Parma di Indonesia

Keberadaan suporter Parma di Indonesia tak lepas dari adanya siaran langsung sepakbola Italia di salahsatu stasiun TV swasta di Indonesia. Parma mencapai puncak prestasi dengan menjuarai piala UEFAdi 1998/1999. Hal ini banyak mendapat apresiasi dan melahirkan para fans setia Parma.

Cikal bakal perkumpulan Fans Parma di Indonesia dimulai saat Parmanisti Indonesia mendeklarasikan diri di Nusantara. Kegiatan Bakti Sosial, Nonton bareng, perekrutan fans, Merchandise, dan futsal menjadi agenda wajib.

Pada 12 Juli 1999, akhirnya didirikan Parmagiani Indonesia, dengan dukungan yang lebih masif dari pendahulunya. Parmagiani Indonesia dibentuk dengan semangat mewadahi para fans dari seluruh wilayah Indonesia, dengan moto Uniti Si Vince Sempre atau Dengan Bersatu kita Raih Kemenangan, perkumpulan ini aktif dengan agenda Gathering Nasional yang telah diadakan tiga kali menjadi bukti keseriusan dan semangat dari para fans sejati Parma.


Situs dan akun-akun resmi dari Parmagiani Indonesia :  


Fans Page Facebook (Pindah dari Grup) - Parmagiani Indonesia
Merchandise - Pernak - Pernik PARMAGIANI INDONESIA & PARMA FC
Twitter - @Parmagiani
Kaskus - F.C PARMA Calciomercato

Maju terus fans Parma Indonesia!!! FORZA PARMA!!! 

2 komentar:

  1. I am proud that i am Parma supporter

    BalasHapus
  2. Why people still make use of to read news papers when in this
    technological globe the whole thing is presented on web?
    Also see my website > jersey shirts for women

    BalasHapus