Kamis, 31 Mei 2012

TIM MEDIS DAN MASALAH CEDERA


Cedera adalah hantu yang ditakuti oleh setiap pesepakbola internasional. Banyak contoh pemain sepakbola yang dikarenakan cedera pada saat bermain atau berlatih, harus pensiun dini dari persepakbolaan. Sebut saja Owen Hargreaves akibat cedera lutut, harus pensiun dini dari sepakbola. Begitu pun Sebastian Deisler yang harus pensiun di usia 27 tahun karena cedera ligamen, dan Marco Van Basten di usia 29 tahun. Cedera yang parah maupun ringan kadang turut mengganggu performa tim. Apalagi beberapa pemain penting harus cedera dalam waktu bersamaan.

Prof Dr. Roberto Delsignore dan Ghirardi

Hal ini menjadi pusat perhatian Parma, sehingga menyusun ulang Staf Medis di tahun 2011. Staf Medis Parma menjadi penanggungjawab tim dalam menentukan Fit ata Unfit nya seorang pemain, memeriksa kebugaran pemain, menentukan pola diet pemain, menjaga kebugaran,  menjalankan prosedur pengobatan dan pemulihan pemain yang terbelit cedera. Berikut adalah sebagian Tim Medis Parma


Prof. Dr.Roberto Delsignore dan Dr. Andrea D’Alessandro



1. Kepala staf medis : Profesor di bidang Kedokteran Olahraga, Prof. Dr.Roberto Delsignore
2. Dokter Utama, Koordinator Staf Medis : Dokter spesialis olahraga dan rehabilitasi, Dr. Andrea D’Alessandro.
3. Dokter Kedua : Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Kardiovaskular,  Dr. Rafaelle Ballini
4. Spesialis Kedokteran Fisik : Dr. Alberto Dardani dan Dr. Giuseppe Campo
5. Spesialis Bedah Ortopedi : Dr. Francesco Pogliacomi dan Dr. Salvatore Minnella
6. Pelatih Fitness : Giovanni Andreini dan Niccolo Prandelli (Bergabung sebagai Pelatih Fitnes yang diberangkatkan menyertai Tim Italia dalam EURO 2012)
7. Ahli Pijat : Corrado Gatti
8. Fisioterapis : Giorgio Balotta (Bergabung sebagai Fisioterapis yang diberangkatkan menyertai Tim Italia dalam EURO 2012) dan Andrea Zoppi
9. Terapis Rehabilitasi : Michele Toma


Dr. Andrea D'Alessandro
Beberapa Nama Pemain Parma yang pernah terbelit dengan mengalami Cedera:
1. Nicola Pavarini : Cedera Mata Kaki (7 hari), Masalah Punggung (7 hari)
2. Antonio Mirante : Cedera Otot Kaki (13 hari), Cedera Sendi Lutut (14 hari) dan Patah Jari tangan (2 bulan 4 hari)
3. Gabriel Paletta : Cedera betis (15 hari)
4. Stefano Morrone : Trauma Kepala (6 hari)
5. Danielle Galoppa : Operasi Lutut (3 bulan), Masalah otot (20 hari), Masalah Otot quadriseps (10 hari)

6. Sebastian Giovinco : Masalah Lutut kaki (3 bulan)
7. Rafaelle Palladino: Masalah Lutut (1 bulan), Masalah Otot kaki (2 bulan), Masalah mata kaki (2 bulan), Masalah pergelangan kaki (2 bulan). Merupakan pemain yang selama di Parma, paling sering cedera, sehingga jarang turun dalam laga Parma.
8. Sergio Floccari : Cedera siku (10 hari)
9. Jaime Valdes : Masalah selangkangan (6 hari)
10.Sotiris Ninis : Cedera Mata Kaki (1 bulan), Putusnya ligamen Cruciata (Ligamen di Lutut) selama 5 bulan, dan terakhir Patah tulang hidung selama 5 hari sebelum hijrah ke Parma.

Musim depan merupakan tantangan bagi Parma untuk menjaga kebugaran pemain dan menerapkan pelatihan fitnes dan teknik yang tepat untuk mencegah terjadinya cedera pemain. Pemain-pemain vital seperti Mirante, Giovinco dan Ninis yang seringkali menderita cedera berkepanjangan layak diberikan predikat 'aware' oleh para staf medis Parma. Moga-moga ke depan, cedera tidak lagi menjadi masalah yang menghantui pemain Parma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar