Jumat, 01 Juni 2012

MENGINTIP CALON LAWAN BARU (1)

Finish di urutan ke-8 Musim 2011-2012 ditambah rekor baru 7 kemenangan beruntun adalah prestasi yang cukup membanggakan. Sementara nasib yang malang justru menimpa Novara, Cesena dan Lecce yang harus terdegradasi ke Serie B. Namun, musim depan menjadi tantangan bagi manajemen klub untuk mempertahankan torehan prestasi ini. Oleh karenanya, ada baiknya kita mengenal Calon Lawan baru di Serie A musim depan. Mereka adalah 2 klub peringkat teratas Serie B dan 1 klub hasil play off peringkat 3 s.d. 6 Serie B. Promosi dua klub Serie B sudah pasti didapat Pescara dan Torino, sedangkan laga play off baru memasuki tahap semifinal.

Delfino Pescara 1936

Adalah Klub yang baru 6 kali menjejakkan kakinya di Serie A. Terakhir di musim 1992-93 sebelum musim depan kembali mendapat kesempatan serupa. Raihan posisi pertama justru didapat di minggu-minggu jelang akhir musim. Pelatih asal Ceko, Zdenek Zeman yang sangat berpengalaman di Liga Italia berhasil menerapkan pola permainan menyerangnya. Pescara berhasil mencetak rekor gol kandang dengan membantai Vicenza 6-0 dan di tandang dengan membantai Padova 0-6. Beberapa bintang lapangannya adalah pemain pinjaman, seperti Ciro Immobile (Juventus), Moussa Kone (Atalanta) dan Lorenzo Insigne (Napoli). Pescara sempat terbenam di Lega Pro Prima Division. Mereka terdegradasi menyusul krisis keuangan. Musim 2007/08 hingga dua tahun kemudian, mereka berjuang dan akhirnya sang allenatore Eusebio Di Francesco membawa Pescara kembali ke Serie B. Tak pantang menyerah hingga menit akhir merupakan ciri khas permainan Pescara. Pencetak Gol terbanyak bagi Pescara di Liga musim lalu adalah Ciro Immobile dengan 28 Gol. Pemain pinjaman dari Juventus ini memang mendapat perhatian dari berbagai klub Eropa. Bintang lapangan lainnya adalah Marco Verratti yang merupakan pemain muda italia berusia 19 tahun, saat ini tengah diincar West Ham United.

Memakai formasi 4-3-3, Pescara menjadi kompetitor baru di Serie A. Berikut adalah starting line-upnya:
PESCARA (4-3-3): 
Anania
Zanon, Brosco, Capuano, Bocchetti
Kone, Verratti, Cascione
Sansovini, Immobile, Insigne
Allenatore: Zdenek Zeman.

Torino FC  

Memperoleh peringkat kedua di Serie B adalah hasil dari perjuangan berat bagi Torino. Mereka seringkail turun naik Serie A dan B. Mengingat kembali di musim 2004/05 mereka tertahan di Serie B karena krisis keuangan. Alhasil pemain-pemain terbaik mereka seperti Mudingayi, Acquafresca, Balzaretti, Comotto, Mantovani dan Quagliarella harus rela diterbangkan ke klub lain.

Musim depan kita dapat melihat kembali Derby della Molle yang akan mempertemukan Torino dengan rival sekotanya Juventus. Menambah koleksi Derby di Serie A musim depan.

Top Scorer Torino, Mirko Atenucci dan Rolando Bianchi adalah duet yang bukan hanya menjadi goal getter namun juga pengumpan yang baik. Di bawah asuhan Giampiero Ventura, pelatih berusia 64 tahun, Torino mampu menyamai poin Pescara. Namun kalah rekor head to head dan selisih goal dari Pescara. Torino sempat mencetak rekor gol kandang dengan memukul Gubbio 6-0. Musim depan mereka bisa menjadi tim kuda hitam mengingat pengalaman di Serie A terdahulu.  Berikut adalah Starting line-upnya:
TORINO FC(4-3-3): 
Gomis
 D'Ambrosio, Darmian, Pratali, Masiello
Iori, Suciu, De Feudis
Verdi, Antenucci, Sgrigna
Allenatore: Ventura.

Peringkat ketiga ditentukan lewat ajang Play Off peringkat 3 s.d. 6 yang dihuni oleh Sassuolo, Sampdoria, Varese dan Verona.

Di semifinal yang ditentukan secara agregat, Sampdoria berhadapan dengan Sassuolo dan Verona berhadapan dengan Varese. Untuk kemudian pemenang laga semifinal secara agregat, akan saling berhadapan untuk menentukan pemenang play off yang juga ditentukan secara agregat kandang dan tandang. Beberapa pekan ke depan kita akan tahu siapa yang mendampingi Pescara dan Torino. Siapa yang anda jagokan?

Published with Blogger-droid v2.0.4

2 komentar:

  1. pescara keren nih... tapi ditinggal zeman musim ini kek apa nasibnya... playoff ini ane berharap si sampdoria yang promoted...

    BalasHapus
  2. Sementara ini Sampdoria berhadapan dengan Varese di Final Play off...

    BalasHapus