Jumat, 13 Juli 2012

CRISTIAN ZACCARDO

Cristian Zaccardo 

Cristian Zaccardo, bek tengah andalan Parma

Pemain belakang kelahiran 21 Desember 1981 di kota Formigine Italia. Posisinya sebagai bek kanan atau dapat juga berposisi sebagai bek tengah. Ia adalah jebolan sistem pelatihan usia muda Bologna. Mendapat tempat di tim utama di tahun 2001 saat hendak menginjak usia 20 tahun. Penampilan apiknya bersama Bologna saat itu salah satunya berkat tangan dingin Francesco Guidolin. Ia pun diboyong ke timnas U-21 Italia. Berpostur 184 cm menjadikannya cukup efektif ditempatkan di lini kanan pertahanan. Empat tahun berada di Bologna dilalui dengan 79 pertandingan dan 2 gol yang dicetaknya. Bologna pun berganti pelatih. 


Saat masih di Bologna, dengan rambut pendek
 Kesempatan bertemu kembali dengan Guidolin tidak ia sia-siakan saat Palermo menawar dirinya untuk bergabung. Di bawah asuhan Guidolin, bintangnya bersinar terang kembali. Alhasil tahun 2004 ia mulai dipanggil bergabung ke timnas senior. Tahun 2006 ia menjadi bagian dari tim Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006. Ia membuat 17 kali penampilan, mencetak 1 gol dan 1 own goal. Di tahun 2008 ia berpindah ke Wolfsburg dan menjadi bagian tim meraih kampiun Bundesliga 2008-2009 meskipun hanya memperkuat Wolfsburg sebanyak 15 kali dan membuat sebuah gol. Kurang mendapat tempat utama, akhirnya Guidolin kembali memanggilnya ke Italia. Kali ini, Parma lah yang menjadi tujuannya. 

Saat telah berkostum Palermo
Semusim di Wolfsburg dan mengantarkan klub tersebut juara Bundesliga

Parma di bawah asuhan Guidolin menjadikannya sebagai pemain andalan di lini belakang. Saat masih berpola 4-4-2 yang mengandalkan empat pemain bertahan, Zaccardo menempati posisi bek kanan. Tugas itu dilakukan dengan baik. Dan saat Parma menerapkan pola 3-5-2, Zaccardo kembali dapat membuktikan dirinya cepat beradaptasi dan menjadi bek tengah yang handal. Hingga akhir musim 2011-2012 ia telah memecahkan penampilan ke-100 nya untuk Parma. Total ia telah memperkuat Parma di 103 penampilan dan mencetak 9 gol.
Parma, mungkin menjadi pelabuhan terakhirnya
Berikut aksi impresifnya saat membela Parma





Tidak ada komentar:

Posting Komentar