Kamis, 09 Agustus 2012

LAPORAN PERTANDINGAN PARMA VS REAL SOCIEDAD

Roberto Donadoni  menghadapi  tes penting kurang dari 20 hari diadakannya pertandingan perdana Serie A Italia di Stadion Juventus Arena melawan juara bertahan Italia Juventus yakni bermain di kandang melawan Real Sociedad. Para tifosi mengharapkan jawaban dari sebelas pemain di lapangan, meskipun tidak ada Sansone, Palladino dan Galloppa (mengalami cedera ringan). Pelatih memilih Ninis yang mendukung Valdes dan Parolo di lini tengah. Rosi ditempatkan di bangku cadangan setelah presentasi di hadapan publik Parma sore harinya dan akan dimasukkan setelah turun minum. Pabon dan Amauri diduetkan kembali di lini depan agar semakin kompak:

Kesebelasan Parma, setelah sekian lama, kembali tampil dengan Jersey Kuning Biru.


Berikut Starting Line Up kedua kesebelasan:
Parma: (3-5-2): Mirante; Zaccardo, Paletta, Lucarelli (Kapten); Biabiany, Ninis, Valdes, Parolo, Gobbi, Pabon, Amauri.
Cadangan: Pavarini, MacEachen, Morrone, Belfodil, Musacci, Acquah, Modesto, Chibsah, Santacroce, Fideleff, Rosi, Pelle, Bajza.
Pelatih: Donadoni.

Real Sociedad (4-3-3) Bravo, Estrada, Ansotegi (Kapten), Martinez, De La Bella, Bergara, Elustondo, Illarramendi, Pelayaran, Agirrexte, Griezmann.
Cadangan: Mikel, Xabi, Jeffrey Pardo, Zurutuza, Cadamuro, Angel, Ifran, Ros, Hernandez.
Pelatih: Montanier.

Wasit: De Marco (Liberti, Crispo).

Berikut Ringkasan Jalannya Pertandingan:

Sebelum pertandingan Alessandro Lucarelli meletakkan karangan bunga di bawah bendera Parma Marco Osio Club untuk mengenang Presidennya, Gualerzi, yang meninggal Sabtu lalu
0' Peluit tanda pertandingan dimulai.
Lucarelli, menyandang ban kapten Parma malam tadi

10'Parma memegang kendali. Bola lebih banyak berada di lini tengah. Donadoni sepertinya menginstruksikan agar anak asuhannya bermain sabar dan tidak terburu-buru.
20' Peluang Amauri di depan gawang, sayang karena terburu-buru, tendangannya melebar.

Pabon, pergerakannya sulit dimarking musuh
24' Zaccardo sepertinya mengalami masalah pada kaki. Ia terpaksa digantikan oleh Santacroce. Apakah ini cedera sebelumnya saat pelatihan di Levico yang lalu kembali kambuh?
Sundulan Lucarelli atas assist Ninis berhasil mengoyak jala Real Sociedad.
33' Parma mendapat peluang dari tendangan sudut setelah serangan balik Parma diblok pemain belakang Sociedad. Ninis yang mengambil tendangan sudut mengirimkan umpan ke tengah. Lucarelli yang maju ke depan berhasil menyambut bola dengan sundulan ke sudut kanan gawang. Goool 1-0 untuk Parma.

Valdes, pemilik nomor punggung 10, bermainbaik malam tadi.
39' Parma hampir menambah gol setelah kerjasama Ninis, Valdes dan Pabon hampir berhasil menemui sasaran, pemain belakang Sociedad pun berhasil membuang bola.

Parolo, berhasil menghalau serangan Real Sociedad

45' Sociedad memberikan perlawanan sengit, memanfaatkan kecerobohan lini belakang Parma, namun masih gagal membuahkan gol. Parolo dan Valdes bermain apik. Peluit babak pertama pun dibunyikan.

46' Peluit babak kedua berbunyi, Pavarini yang tidak diturunkan sama sekali di laga  sebelumnya, masuk menggantikan Mirante.
Ekspresi Donadoni saat mengkomandoi anak asuhnya, anda lihat betapa bersemangatnya Ia.

50' Permainan dikuasai Real Sociedad namun kebanyakan hanya menghasilkan tendangan sudut. 3-3. Biabiany melakukan soolo run di sisi kanan dan melepaskan tembakan yang masih melenceng.

60' Pemain baru, Aleandro Rosi diturunkan, ia masuk menggantikan Gobbi, kemudian Biabiany berpindah posisi ke sayap kiri dan Rosi berposisi di sayap kanan. Acquah masuk menggantikan Parolo, Pelle menggantikan Amauri dan Belfodil masuk menggantikan Pabon.

Ini dia yang ditunggu-tunggu, Aleandro Rosi akhirnya diturunkan

63' Modesto  masuk menggantikan Biabiany.
70' Aleandro Rosi membuat sayap kanan Parma terlihat masih menyesuaikan diri dengan permainan tim. ia melepaskan tembakan yang masih melesat ke atas mistar gawang.

Biabiany tetap tampil prima meski ada peluang bersaing dengan Rosi
 77' Ninis yang mencetak 1 assist ditarik keluar digantikan oleh Morrone, yang akan pindah ke klub Promosi Serie B Spezia. Sementara bek Argentina, Ignacio Fideleff masuk menggantikan sang pencetak Gol, Lucarelli.
Morrone, il Capitano yang akan pindah ke Spezia

78' Pemain muda Parma, Chibsah, masuk menggantikan Valdes yang tampak kelelahan.
85' Permainan di lini tengah menjurus keras. Bertubi-tubi serangan Real Sociedad masih bisa dimentahkan Pavarini.

90' Acquah membawa bola dari sisi kiri, bekerja sama dengan Pelle, lantas menyodorkan umpan pendek ke Belfodil, sementara Morrone berlari dari lini kedua tanpa pengawalan. Belfodil yang melihat hal itu lantas memberi umpan tarik ke tengah. Morrone menerima bola, sedikit menggiring ke depan dan menembak dengan kakinya dan Goool tanpa bisa dibendung Bravo. 2-0 Untuk Parma.
Morrone, pergerakan dari lini kedua yang sangat ampuh, assist Belfodil

92' Peluit dibunyikan. Pertandingan berakhir dengan skor Parma vs Real Sociedad: 2-0
Pencetak gol adalah Lucarelli di menit 33, assist oleh Ninis. Dan Morrone di menit 90, assist oleh Belfodil.
Penonton berjumlah 2.347. Tidak ada kartu kuning dan merah. Corner Kick: 4-3.

Highlight Gol yang dicetak di Pertandingan ini :


Awal yang memuaskan di Ennio Tardini, setelah laga terakhir dilalui 3 bulan yang lalu saat mengkandaskan Bologna 1-0 melalui gol Biabiany. Keberhasilan memenangkan pertandingan ini justru membuat Real Sociedad harus berbenah karena memulai pertandingan di Liga Spanyol seminggu lebih awal dari Liga Italia. Bila anda menonton langsung pertandingan ini, maka anda akan melohat praktis kami tidak mendapatkan tekanan berbahaya sepanjang 90 menit.

Roberto Donadoni, mengakui masih ada kecerobohan yang sering dibuat oleh anak asuhnya
Mau melihat beberapa kecerobohan yang dilakukan lini belakang Parma yang hampir membuahkan gol. Jika saja pemain depan Real Sociedad berhasil memanfaatkan peluang tersebut, bisa saja Parma kalah.


Pasca pertandingan Roberto Donadoni memberi keterangan persnya: " Anda dapat melihat kualitas juara yang telah kami miliki. Saya selalu berusaha membuat setiap pemain dalam kondisi terbaik mereka. Saya memutuskan berdasarkan pengamatan saya selama ini di berbagai ajang pelatihan dan ujicoba sebelumnya. Pertandingan malam ini, saya melihat stamina Ninis yang lumayan bagus, padahal sebelum pertandingan saya berencana untuk menariknya keluar terlebih dahulu. Namun justru Parolo yang terlihat kelelahan dan ia yang saya tarik keluar lebih dahulu. Itulah sebuah contoh bahwa kondisi di lapangan tidak selalu sama dengan apa yang kita perhitungkan. Saya telah melihat tumbhnya usaha proaktif dari setiap pemain. Mereka berlari dan bersemangat sepanjang pertandingan. Tetapi saya juga mencatat beberapa kecerobohan yang kami lakukan sehingga lawan mampu mencuri peluang dan menghasilkan tiga kali tendangn sudut. Kecerobohan ini lebih disebabkan kebugaran pemain yang tidak pada kondisi 100% sehingga mengganggu fokus mereka. Overall saya sudah cukup puas." Mengenai Paletta yang diturunkan selama 90 menit, ia berkomentar: "Paletta diberi kesempatan bermain sepanjang babak karena di pertandingan sebelumnya di Praha ia tak diturunkan sama sekali yang disebabkan oleh masalah kecil pada kakinya. Namun saat sesi latihan di Tardini dimulai, ia telah memastikan bahwa ketidaknyamanan di kakinya telah hilang dan ini memungkinkan ia menunjukkan kemampuan terbaik." Selanjutnya ia menanggapi mengenai kemungkinan adanya persaingan antara Rosi dan Biabiany untuk memperebutkan satu tempat: "Adanya persaingan merupakan hal lumrah, kita dapat menyesuaikan posisi mereka sesuai kondisi permainan." Memasuki bursa transfer yang segera akan ditutup, ia menambahkan: "Kami berharap sisa waktu 20 hari lagi dapat dipergunakan untuk mencari tambahan pemain baru, namun kami masih mempertimbangkan ruangan yang akan kami isi." Dan  mengenai barisan penyerang, sebagai penutup konferensi persnya ia menuturkan: " Saya menyukai apa yang dilakukan oleh barisan penyerang. Mereka bermain untuk tim secara keseluruhan. Mereka menciptakan beberapa peluang dan memberi ruang bagi pemain dari lini kedua."

Parma akan kembali berlatih di Collechio untuk mempersiapkan laga Ujicoba berikutnya menghadapi Palermo di Stadion Barbera tanggal 12 Agustus mendatang. Fokus pelatihan berikutnya adalah membangun kesolidan pemain belakang Parma yang seringkali terlihat lubang di sana sini. Forza Parma!!!


3 komentar:

  1. Min.. Tu gmn g.mastriani kptusny? Udh jd ap lum c?

    BalasHapus
  2. Masih terkendala masalah kontrak. Karena tahapan Prekontrak sudah rampung dan Paspor uni eropa dah selesai. Negosiasi masih berjalan.

    BalasHapus
  3. Jd kmgknany gmn?? Ap bs jd pmaen parma? Goal.com bilg udh jd.. Ko dplayer list,,ga ad nma dya..

    BalasHapus