Minggu, 15 Juli 2012

MARI BERLATIH BERSAMA DONADONI

Berlatih bersama Donadoni 
Apa yang membuat sepakbola modern sangat digemari saat ini? Hal tersebut dikarenakan sepakbola telah menjadi pertunjukan atraktif yang menyajikan pemain berskill tinggi yang tak kenal rasa takut menghasilkan peluang peluang brilian, dan kadang sulit diprediksi karena kekuatan yang hampir merata antarklub. Ditambah para pemain dengan endurance atau daya tahan yang baik sehingga sajian pertandingan 90 menit tetap dalam tempo yang sama. Serta berkurangnya sajian pertandingan pasif, melainkan pertandingan aktif yang saling jual beli serangan. Semuanya tertata apik dalam tayangan langsung dari stadion atau tayangan televisi yang menghibur.


Donadoni memberikan arahan kepada para pemain

Dalam beberapa tahun terakhir, sistem pelatihan sepakbola modern telah dirancang menjadi sistem pelatihan holistik. Roberto Donadoni termasuk salah satu pelatih Italia yang menerapkan sistem pembinaan holistik. Hal ini dapat dijabarkan melalui : Technical Concept, Physical Concept, Mentality Concept, Knowledge of The Game, Maintenance Concept, dan Rehabilitation Concept.


Technical Concept merupakan konsep pembinaan teknis mencakup teknik bermain seperti passing, dribble, shooting, heading, kontrol bola, off the ball, set piece dan trik individu guna mengelabui lawan dengan atau tanpa bola. Konsep ini dipakai di Kamp Pelatihan Pra Musim di Levico Terme. Dan tidak diajarkan pada ajang pemanasan di Olbia pekan lalu.

Technical Concept, First Lesson!!!
Physical Concept merupakan konsep pembinaan fisik sebagai pendukung tekhnik yang telah diasah dengan baik. Stamina yang prima harus dimiliki oleh para pemain untuk mempertahankan ritme permainan selama 90 menit. Karena bila stamina menurun, maka akan sering terjadi kesalahan teknik bermain. Hal ini seperti yang telah dilakukan selama di Olbia. Berlatih jogging secara bersama dalam tim, selama 90 menit mempertahankan stamina, Berenang di pantai sejauh 60 meter bolak balik sebanyak 5 kali. Berlatih beban dan peregangan otot di pantai selama 2 jam. Berlatih beban di Gym selama 2 jam. Semua kegiatan ini ditujukan untuk membangun stamina pemain yang dilakukan tanpa bola. Salah satu terobosan yang dilakukan Donadoni adalah menggabungkan dengan aspek rekreasi bersama keluarga dan diadakan sebelum pelatihan pramusim yang resmi.
Physical Concept
Knowledge of the Game berarti menanamkan pengertian terhadap permainan. Mengerti permainan berarti setiap pemain harus mengerti sistem dan pola strategi yang digunakan oleh lawan, di mana pelatih dan pemain dapat berkoordinasi mencari celah kelemahan lawan. Mengerti bagaimana dan di mana harus menempatkan diri saat bola dikuasai oleh lawan maupun kawan. Mengerti konsep-konsep dalam menyerang dan bertahan. Mengetahui kapan harus menggiring dan mengoper.

Knowledge of The Game

Mentality Concept adalah pembinaan mental pemain oleh pelatih untuk membantu pembentukan kepercayaan diri dalam bermain. Tanpa kepercayaan diri, bentuk permainan yang sebenarnya, tidak akan muncul di lapangan. Kepercayaan diri akan muncul apabila pemain tidak dihantui rasa takut salah di dalam lapangan. Bermain di kompetisi Italia bukanlah hal mudah mengingat tekanan dapat dialami di luar maupun dalam pertandingan. Maka pembentukan rasa kepercayaan diri menjadi fokus dalam pembinaan pemain Parma. Hal ini diakui oleh Morrone, Gobbi, Galloppa, dan Modesto yang mengatakan bahwa salah satu tekhnik yang dilakukan oleh Donadoni dalam memupuk kepercayaan diri para pemain adalah dengan tidak melulu melemparkan kritikan namun memberi pujian kepada para pemainnya. Donadoni pun menanamkan hubungan emosional yang kuat sesama pemain. Dengan tidak saling menjatuhkan dan mengejek dapat membuat setiap pemain merasa dihargai.

Kemudian memupuk Penguasaan Diri. Metode penguasaan diri tidak hanya dibutuhkan oleh para pemain bertemperamen tinggi, namun harus dimiliki oleh seluruh pemain, karena secara emosional, penguasaan diri dapat menentukan permainan tim secara keseluruhan. Kita dapat melihat hal ini diterapkan dengan baik di timnas Italia di mana metode penguasaan diri berpengaruh pada duo bengal Cassano dan Ballotelli sehingga keduanya dapat berdampak positif dalam permainan tim, bukan sebaliknya. Selain itu pemain dalam tim juga berpengaruh. Bagaimana seorang pemain dapat membantu meredakan emosi pemain lainnya, seperti yang ditunjukkan pada Bonucci ketika menenangkan Ballotelli. Metode ini telah berhasil musim lalu di mana Parma terpilih sebagai Tim Fairplay.

Mentality Concept

Determinasi atau kemampuan pantang menyerah adalah sesuatu yang sangat diperlukan dalam sebuah pertandingan yang berat. Situasi di lapangan tidak selalu sesuai dengan yang kita inginkan. Seringkali Parma harus berhadapan dengan klub yang memiliki tim dengan tekhnik dan gaya permainan yang lebih baik. Salah satu tanda tim memiliki determinasi yang tinggi adalah kemauan berusaha dan tidak kalah sebelum pertandingan berakhir. Pembinaan mental selanjutnya adalah disiplin, tata krama, kerendahan hati, sikap kritis terhadap diri sendiri dan tidak cepat puas.

Maintenance Concept adalah konsep pemeliharaan keadaan fisik, mental, dan pengetahuan bermain tim dengan menerapkan gaya hidup dan pola pikir positif di dalam dan luar lapangan. Adalah konsep yang harus dipegang oleh para pemain agar aspek holistik dalam diri mereka tetap terjaga. Beberapa pantangan makanan dan minuman serta gaya hidup yang harus dijauhi, seperti kebiasaan minum alkohol, begadang hingga larut, berjudi, melakukan perkelahian atau perilaku negatif, maka benar-benar harus dijauhi sebagai salah satu bentuk komitmen pemain pada klub. Beberapa gaya hidup yang baik seperti tidur dan bangun pagi di awal waktu, pemanasan saat bangun pagi, berpikir positif, harus diterapkan. Untuk di dalam lapangan, seluruh pemain harus dalam keadaan termotivasi ketika hendak memulai bertanding, dan di jeda waktu pertandingan, sang pelatih tidak dalam kondisi memojokkan pemain. Kesolidan dan keakraban harus tetap dijaga di kamar ganti. Mengaktifkan Jaringan Komunikasi sesama pemain adalah salah satu kunci Konsep ini.

Rehabilitation Concept adalah Konsep yang diterapkan pada pemain yang performanya menurun, atau baru sembuh dari cedera berkepanjangan. Konsep ini dijalankan dengan menambah dosis konseling dan temu wicara untuk membangun keadaan mental pemain. Penyesuaian terhadap latihan fisik dan staminanya, Penyesuaian terhadap Maintenance Conceptnya. Hal ini dilakukan agar pemain tersebut dapat kembali ke track performanya seperti sedia kala.


Semua konsep pelatihan ini apabila berhasil dengan baik diserap dan direalisasikan oleh semua pemain, niscaya keberhasilan meraih tiket ke zona eropa bukan isapan jempol lagi, atau bahkan meraih gelar tertinggi. 

Seandainya saja Indonesia pun menerapkan metode yang sama, maka mungkin prestasi kita akan lebih membanggakan. 

Teruskan perjuanganmu Donadoni....Forza Parma!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar